wdss

Setting dd-wrt sebagai WDS 

salam,
hari ini saya sedikit di pusingkan oleh ap wr740n yang sudah terpasang firmware dd-wrt v24 untuk keperluan point to point client wifi saya yang dimana perangkat dd-wrt ingin saya sett sebagai wds station dengan AP utama Mikrotik RB433. setelah membaca tutorial dan trial error saya akhirnya menemukan cara yg sesuai dengan keinginan saya berikut langkah beserta gambarnya :



pertama remote AP yg firware dd-wrt dengan asumsi akses point utama sudah tersetting dengan baik, ketik di browser 192.168.1.1 lalu tekan menu setup, sesuaikan setup AP anda sesuai gambar di bawah

ip jaringan saya
hotspot = 192.168.19.0/24
gateway = 192.168.19.1

disini AP dd-wrt kita set supaya ipnya satu range dengan ip hotspot. disini saya sett dengan ip 192.168.19.6, setelah di set klik apply setting 


lalu setelah itu klik submenu advanced routing, karena AP kita difungsikan sebagai wds ganti gateway menjadi router seperti di bawah ini dan sesuaikan settingan seperti gambar, klik apply setting

lalu klik menu wireless, pada tab basic setting, isi sesuai dengan AP utama baik itu SSID, Channel yang di gunakan dan wireless ssid broadcast dimatikan saja.


lalu klik submenu WDS, sebelumnya jangan lupa catat mac address RB433 karena harus di input di dd-wrt, sesuaikan seperti gambar dibawah jang lupa apply setting

klik menu security, firewall spi sett disable lalu apply setting

lanjut ke menu status, klik submenu wireless

scroll ke bawah pilih site survey, dimana kita akan menghubungkan AP WDS dengan AP utama






lalu pilih SSID AP utama klik Join



kembali ke menu status -- wireless dan cek apakah sudah terhubung dengan nama interface wds0

untuk memastikan cek di winbox, apakah sudah terhubung sebagai wds atau tidak

kalo sudah seperti di atas berarti sudah terhubung, sekarang kosongkan ip lan pc/laptop anda, kita akan test apakah dd-wrt bisa mendapatkan ip dari rb433, dan violaaa!! login page hotspot rb433 muncul






semoga bermanfaat :D

Comments

Popular posts from this blog

Cara menghapus voucher yang expire di user manager mikrotik

kode tv

cara import simple quenstre